Pajak konsumsi: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya – Pajak datang dalam berbagai bentuk. Sementara beberapa pajak berlaku pada saat uang diperoleh, pajak konsumsi berlaku pada saat uang dibelanjakan. Ada beberapa jenis pajak konsumsi yang berbeda, beberapa di antaranya ada di bagian dunia atau berlaku untuk barang yang berbeda.

Pajak konsumsi: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya

shohizei – Pajak konsumsi adalah pajak yang berlaku untuk penjualan atau pembelian barang atau jasa. Sementara pajak konsumsi datang dalam beberapa bentuk yang berbeda, mereka umumnya berlaku pada saat pembelian.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Pajak Konsumsi dan Deklarasi

Cara kerja pajak konsumsi

Pajak konsumsi adalah pajak atas cara orang atau bisnis membelanjakan uangnya. Pajak atas pembelian barang dan jasa ini biasanya berbasis persentase, artinya pajak ini berlaku sebagai persentase dari total harga pembelian.

Pajak konsumsi merupakan sumber pendapatan pajak yang penting bagi pemerintah lokal, negara bagian dan federal di seluruh dunia. Faktanya, pajak atas barang dan jasa ini menghasilkan lebih dari 32 persen dari pendapatan pajak di negara-negara OECD — atau Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan.

Di banyak negara, pajak konsumsi merupakan salah satu sumber pendapatan pajak nasional terbesar. Amerika Serikat menonjol sebagai salah satu dari sedikit negara besar yang tidak memiliki pajak konsumsi federal.

Jenis pajak konsumsi

Pajak konsumsi bukanlah satu jenis pajak yang dikenakan terhadap orang Amerika. Sebaliknya, ini adalah istilah luas yang dapat menggambarkan berbagai pajak atas barang dan jasa.

  • Pajak penjualan: Ini adalah jenis pajak konsumsi yang mungkin paling dikenal oleh orang-orang di Amerika Serikat. Pajak penjualan , biasanya diterapkan di tingkat negara bagian dan lokal, adalah pajak yang dikenakan atas pembelian. Pajak penjualan biasanya dibebankan sebagai persentase dari harga pembelian.
  • Pajak pertambahan nilai (PPN): PPN adalah jenis pajak yang diterapkan pada setiap langkah dalam rantai pasokan barang atau jasa. Nilai tambah yang dikenakan pajak adalah selisih antara nilai barang pada saat mulai berproduksi dan nilai pada saat barang tersebut dijual. Tidak ada PPN di Amerika Serikat, tetapi lebih dari 160 negara memilikinya.
  • Cukai: Pajak yang dikenakan pada barang, jasa dan kegiatan tertentu dikenal sebagai pajak cukai . Produk yang sering dikenakan cukai antara lain rokok, perjudian, minuman beralkohol dan bensin. Beberapa pajak cukai dikenal sebagai pajak dosa, karena berlaku untuk produk-produk yang ingin dilarang oleh pemerintah.

Contoh pajak konsumsi

Contoh paling terkenal dari pajak konsumsi di Amerika Serikat adalah pajak penjualan, yang berlaku di tingkat negara bagian dan lokal untuk berbagai pembelian.

Misalkan Anda membeli komputer di California seharga $1.000. Pajak penjualan California adalah 7,25 persen, jadi selain $1.000 yang Anda bayar untuk komputer, Anda juga membayar pajak penjualan tambahan sebesar $72,50, yang masuk ke pemerintah negara bagian. Banyak pemerintah daerah di California (termasuk kota dan kabupaten, yang mungkin sangat bervariasi dalam tarif pajak penjualan) juga memiliki pajak penjualan sendiri, jadi kemungkinan Anda akan membayar lebih dari sekadar pajak negara bagian 7,25 persen.

Perlu dicatat bahwa California memiliki pajak penjualan tertinggi di negara ini, jadi contoh ini akan terlihat sangat berbeda di negara bagian lain. Hanya segelintir negara bagian yang memiliki pajak penjualan sebesar 7 persen atau lebih tinggi, dan beberapa negara bagian tidak memiliki penjualan sama sekali . Negara-negara bagian tanpa pajak penjualan lebih bergantung pada jenis pajak lain untuk pendapatan pajak negara bagian mereka. Ini biasanya termasuk pajak penghasilan dan pajak properti.

Pajak konsumsi vs. pajak penghasilan

Pajak pendapatan dan konsumsi adalah pajak atas uang Anda, tetapi pajak tersebut berlaku pada waktu yang sama sekali berbeda. Pajak penghasilan berlaku ketika Anda mendapatkan uang seperti upah, bunga, dan dividen. Pajak konsumsi berlaku pada saat barang dan jasa dibeli dan dijual.

Orang sering tidak menyadari bahwa mereka membayar pajak ini. Dalam hal pajak penghasilan atas upah Anda, majikan Anda kemungkinan besar mengambil pajak penghasilan dari gaji Anda bahkan sebelum Anda menerima uangnya. Sementara pajak penghasilan berlaku saat Anda menghasilkan uang, pajak konsumsi berlaku saat Anda membelanjakannya.

Selain diterapkan pada uang Anda pada waktu yang berbeda, pajak pendapatan dan konsumsi juga berbeda dalam hal pengaruhnya terhadap pembayar pajak. Di Amerika Serikat, pajak penghasilan bersifat progresif . Dengan kata lain, persentase pendapatan yang Anda bayarkan meningkat seiring dengan meningkatnya pendapatan Anda.

Tetapi pajak konsumsi biasanya merupakan pajak regresif, artinya persentase pendapatan Anda yang Anda bayarkan menurun seiring dengan penurunan pendapatan Anda. Misalnya, seseorang yang menghasilkan $100.000 dan seseorang yang menghasilkan $25.000 membayar pajak penjualan dalam jumlah dolar yang sama untuk barang seharga $100, tetapi pajak itu menghabiskan persentase yang lebih besar dari pendapatan orang tersebut yang menghasilkan $25.000.

Perbedaan terakhir antara pajak pendapatan dan konsumsi bermuara pada apa yang terutama mereka danai. Pajak penghasilan adalah sumber pendapatan terbesar bagi pemerintah federal — mereka menghasilkan lebih dari 50 persen dari pendapatan pajak federal. Pemerintah negara bagian, di sisi lain, lebih bergantung pada pajak konsumsi. Setelah transfer antar pemerintah — artinya pendanaan dari pemerintah federal ke pemerintah negara bagian — pajak penjualan merupakan sumber pendapatan pajak negara bagian terbesar .

Related Posts

SItus Tentang Mengenai Pajak Konsumsi Pada Tahun 2022

Apa Itu Pajak Konsumsi PPN, GST, dan Pajak Penjualan

Usaha Kecil Dan Pajak Penjualan Di Tahun 2022

Inilah Cara Membayar Pajak Capital Gain 0% Dengan Pendapatan Enam Digit

Petugas Pajak Menerima $80 Miliar, Tetapi Bisnis Kecil AS Tidak Perlu Khawatir

Inilah Yang Harus Dilakukan Jika Anda Masih Tidak Dapat Membayar Pajak Anda

Comments

Reply comment

Your email address will not be published.