Apa Itu Pajak Konsumsi PPN, GST, dan Pajak PenjualanOh, dunia pajak penjualan yang luar biasa. Begitu banyak kesenangan berbeda untuk dipelajari, bagaimana Anda bisa memilih satu saja?  Baiklah, kami akan memilihkan untuk Anda. Jika Anda pemilik bisnis apa pun, Anda harus memahami pajak konsumsi. Itu menyentuh setiap tahap produksi dan setiap titik penjualan.

Apa Itu Pajak Konsumsi PPN, GST, dan Pajak Penjualan

shohizei – Setiap kali Anda membayar bahan atau layanan untuk membuat produk Anda, Anda mungkin membayar sejumlah pajak konsumsi. Setiap kali Anda menjual produk Anda ke pelanggan, Anda harus membebankan beberapa bentuk pajak konsumsi. Setiap musim pajak, Anda harus mengirimkan sebagian pajak konsumsi yang telah Anda kumpulkan. Kami berbicara tentang pajak penjualan, PPN, GST, dan beberapa lainnya yang mungkin pernah Anda dengar terutama jika Anda menjual di luar pangkalan Anda.

Baca Juga : Usaha Kecil Dan Pajak Penjualan Di Tahun 2022

Yap, sebagai pemilik bisnis, pada dasarnya Anda berenang di lautan pajak konsumsi, yang masing-masing memiliki arus dan kecepatan yang berbeda. Untuk tetap bertahan, baca terus! Kami akan memberi tahu Anda apa itu pajak konsumsi, cara kerjanya, kapan memungutnya, dan kapan membayarnya.

Apa itu pajak konsumsi?

Pajak konsumsi diterapkan pada pembelian barang dan jasa. Ada berbagai jenis pajak konsumsi, tergantung negaranya. Itu bisa berupa tarif tetap yang diterapkan untuk setiap transaksi, atau persentase dari nilai total. Setiap jenis membutuhkan sesuatu yang berbeda dari Anda, pemilik bisnis. Tapi satu elemen selalu tetap sama. Pelanggan akhir membayar pajak, karena merekalah yang sebenarnya mengonsumsi produk akhir. Dan itu adalah pajak atas konsumsi. Tentang membeli dan membelanjakan untuk penggunaan pribadi seseorang.

Mengapa pajak ini? Untuk pendapatan negara tentunya. Beberapa pemerintah membebankan pajak konsumsi alih-alih pajak penghasilan. Atau, jika Anda tinggal di UE, Anda mendapatkan keduanya. Pengisian pada konsumsi bisa jadi rumit, dan membutuhkan tindakan penyeimbangan ekonomi. Tarif pajak harus cukup tinggi agar pemerintah mendapatkan dana mereka, tetapi tidak terlalu tinggi untuk mencegah pengeluaran konsumen. Jika pelanggan berhenti membeli, pajak yang harus dikumpulkan secara keseluruhan akan berkurang dan bisnis seperti milik Anda akan mengalami kerugian dalam prosesnya. Tidak baik.

Bagaimana cara kerja pajak konsumsi?

Untuk memahami cara kerja pajak konsumsi, sebenarnya paling mudah untuk memulai dari akhir: titik penjualan terakhir ke konsumen akhir. Pada titik penjualan terakhir, konsumen akhir membayar pajak kepada vendor (yaitu Anda). Vendor mengumpulkan pajak itu dan mengirimkannya ke pemerintah saat pajak jatuh tempo. Jadi Anda bisa menganggap diri Anda sebagai perantara untuk pajak konsumsi ini. Namun terkadang ada pembayaran pajak konsumsi sebelum penjualan akhir itu. Beberapa pemerintah membebankan pajak pada setiap tahap proses produksi, dari siapa pun yang berkontribusi pada nilai pasar akhir. Tapi ini semua tergantung pada jenis pajak konsumsinya, jadi mari kita uraikan.

Pajak konsumsi besar

Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

Pajak pertambahan nilai (PPN) adalah pajak konsumsi yang dibebankan pada setiap tahap rantai produksi. Pada setiap tahap diasumsikan terjadi peningkatan nilai barang atau jasa. Peningkatan itu, “nilai tambah”, adalah apa yang dikenai pajak. Namun yang keren adalah, sebagai pemilik bisnis, Anda mendapatkan kembali PPN apa pun yang telah Anda bayarkan dalam rantai tersebut. Hanya konsumen akhir yang membayar sendiri. Bagaimana tepatnya ini bekerja? Jadi, Anda membayar sejumlah PPN ke bisnis lain yang membantu Anda membuat produk Anda.

Potongan PPN ini disebut “pajak masukan”, dan Anda mendapatkan kredit pajak untuk itu. Di akhir musim, setelah Anda memungut PPN dari semua pelanggan Anda (“pajak hasil”), Anda harus mengirimkan PPN ke pemerintah, bukan? Benar. Tapi pertama-tama, Anda bisa mendiskon semua pajak masukan dari total, sehingga uang masuk kembali ke kantong Anda. Jika Anda ingin mempelajari tentang cara kerja PPN di UE secara khusus, lihat panduan PPN UE utama kami.

Pajak Barang dan Jasa (GST)

Pajak Barang dan Jasa (GST) juga dikenakan di setiap langkah rantai pasokan. Namun tidak seperti PPN, GST dibebankan terlepas dari nilai yang ditambahkan; biasanya hanya persentase tarif tetap dari transaksi. Di Australia, GST berfungsi seperti ini: Bisnis ditagih pada setiap tahap proses manufaktur, dan pelanggan akhir ditagih di titik penjualan. GST kemudian dikembalikan kepada semua orang melalui kredit pajak, kecuali konsumen akhir.

Pajak Penjualan

Secara teknis, semua pajak yang tercantum ini dapat disebut sebagai “pajak penjualan”. Namun yang kami maksud di sini adalah pajak satu kali sederhana yang dibebankan pada titik pembelian. Uang mengalir dari konsumen, ke vendor, ke pemerintah, akhirnya. Bentuk pajak penjualan ini ada di seluruh Amerika Serikat, ditentukan di tingkat negara bagian dan lokal. (Tidak ada pajak penjualan nasional menyeluruh di AS.)

Karena negara bagian dan kotamadya setempat dapat memutuskan berbagai aturan mereka, pajak penjualan di AS terkenal rumit Untuk memahami cara kerja sistem, lihat primer kami tentang pajak penjualan AS untuk produk digital. Peringatan sumber daya gratis! Cobalah kalkulator pajak penjualan, kalkulator GST, dan kalkulator PPN kami untuk menentukan tarif, jumlah, dan harga akhir pajak produk Anda untuk negara mana pun di dunia!

Pajak konsumsi yang kurang umum

Pasangan terakhir adalah dua hal yang mungkin tidak akan sering ditemui oleh bisnis Anda, terutama jika Anda menjual barang digital. Namun demikian, mereka berada dalam keluarga pajak konsumsi. Untuk memiliki kosa kata yang lebih baik dan pemahaman dasar, tidak ada salahnya untuk mengetahui pajak-pajak ini berdasarkan nama dan cara kerjanya.

Bea masuk atau tarif

Tentu Anda tahu tentang impor. Mereka adalah setengah dari ekonomi perdagangan kuno! Bea masuk, juga dikenal sebagai tarif, adalah pajak konsumsi yang dikenakan pada barang-barang tertentu ketika memasuki suatu negara. Pajak masuk ke agen bea cukai. Biasanya, begini hasilnya: importir membayar bea ke bea cukai saat barang pertama kali tiba. Dia kemudian meneruskan biaya ke pelanggan akhir, menambahkannya ke harga barang.

Selain mengumpulkan uang untuk pemerintah daerah, tujuan bea masuk lainnya adalah untuk melindungi produsen lokal dan pasar domestik. Suatu negara mungkin merasa terancam oleh barang murah yang datang dari tempat lain. Untuk melindungi ekonomi mereka, mereka mungkin menambahkan tarif impor tertentu untuk membuatnya lebih mahal dan, tentu saja, kurang menarik.

cukai

Ini adalah pajak penjualan yang diterapkan pada barang-barang tertentu, biasanya untuk mencegah orang membelinya karena pemerintah menganggap barang-barang itu buruk bagi masyarakat luas. Ini biasanya berarti barang-barang seperti rokok, alkohol, bensin, dll. Yap, “barang buruk”. Sebenarnya, pajak ini terkadang disebut “pajak dosa”. Pemerintah ingin mengatur konsumsi, dan mereka melakukannya dengan menerapkan pajak khusus, cukai. Ini awalnya dibayar oleh pabrikan, kemudian diteruskan ke konsumen dalam harga pembelian akhir.

Kata terakhir

Mengetahui berbagai jenis pajak konsumsi memang penting, tetapi sebenarnya tidak cukup untuk menjalankan bisnis yang patuh pajak dengan lancar. Bahkan di antara negara-negara di dunia yang menggunakan PPN, sistem PPN mereka bisa sangat berbeda satu sama lain. Setiap sistem pajak dapat memiliki kebiasaan nasionalnya sendiri, belum lagi tarif yang berbeda. Jadi bagaimana Anda bisa benar-benar tetap di atas pajak konsumsi, sambil tetap menjalankan bisnis Anda? Anda dapat menemukan solusi perangkat lunak yang secara otomatis menangani pajak penjualan dan melacak setiap perubahan kebijakan pajak di seluruh dunia.

Jangan biarkan pajak penjualan menyita lebih banyak waktu Anda. (Ya, maksud permainan kata-kata.) Keluar dari labirin dan biarkan Quaderno menavigasi undang-undang pajak digital di seluruh dunia untuk Anda. Setiap transaksi mematuhi pajak, di mana pun pelanggan Anda berada. Anda tidak perlu khawatir tentang memungut jumlah pajak konsumsi yang tepat atau menyimpan catatan yang benar. Dengan Quaderno, pengisian jumlah pajak yang tepat dilakukan secara otomatis, dan tanda terima yang disesuaikan juga. Kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan? Lihat bagaimana kami mengatasi pajak digital untuk bisnis online.

Related Posts

SItus Tentang Mengenai Pajak Konsumsi Pada Tahun 2022

Usaha Kecil Dan Pajak Penjualan Di Tahun 2022

Inilah Cara Membayar Pajak Capital Gain 0% Dengan Pendapatan Enam Digit

Petugas Pajak Menerima $80 Miliar, Tetapi Bisnis Kecil AS Tidak Perlu Khawatir

Inilah Yang Harus Dilakukan Jika Anda Masih Tidak Dapat Membayar Pajak Anda

Begini Cara Penasihat Membantu Klien Memangkas Tagihan Pajak 2022 Mereka

Comments

Reply comment

Your email address will not be published.