2 Prinsip Mendesain Pajak Konsumsi yang Baik – Pajak dapat berlaku untuk apa yang orang dapatkan, apa yang mereka tabung, apa yang mereka miliki, dan apa yang mereka beli. Pajak atas setiap aktivitas menciptakan distorsi yang dapat mengganggu produktivitas perekonomian. Namun, tidak semua pajak menciptakan distorsi yang sama. Pajak atas tenaga kerja mempengaruhi keputusan apakah akan bekerja atau tidak. Beban pajak atas tabungan dan investasi mengurangi investasi produktif.

Shohizei – Pajak konsumsi juga memengaruhi keputusan dan mengubah hasil ekonomi, tetapi cenderung tidak memengaruhi keputusan untuk bekerja atau berinvestasi. Pajak konsumsi yang berlaku untuk semua pembelian mengakibatkan konsumen membayar pajak terlepas dari pendapatan atau status pekerjaan mereka. Ahli waris kaya akan membayar pajak yang sama untuk pembelian potong rambut, susu, dan telur mereka sebagai tukang cukur, petani, atau pekerja toko bahan makanan.

Biasanya, pemerintah akan mengenakan pajak konsumsi menggunakan pajak penjualan, PPN, atau pajak cukai. Meskipun ketiga perangkat kebijakan berada di bawah payung pajak konsumsi, terdapat beberapa perbedaan dalam desain dan penerapan kebijakan di antara ketiganya. Beberapa prinsip dapat digunakan untuk menentukan apakah pajak penjualan, PPN, atau cukai dirancang dengan baik.

1. Empat prinsip untuk pajak penjualan dan PPN

Sekalipun tarif pajak ditetapkan pada tingkat yang sama untuk semua pembelian. Bagaimanapun individu yang membeli lebih banyak atau lebih mahal barang, membayar lebih banyak dalam pajak konsumsi daripada mereka yang membeli lebih sedikit (atau lebih murah) barang. Jika ahli waris kaya membeli kapal pesiar, pesawat terbang, dan mobil sport sementara tukang cukur membeli sedan, petani sebuah truk, dan pekerja toko kelontong sebuah minivan, maka total pajak konsumsi yang dibayarkan oleh ahli waris akan jauh lebih besar daripada pajak tiga lainnya.

• Hanya konsumsi akhir yang harus dikenakan pajak. Masukan bisnis harus dibebaskan, seperti halnya dengan PPN. Pajak yang dibayarkan atas masukan harus dikreditkan kembali ke bisnis di sepanjang rantai pasokan.
• Semua konsumsi akhir harus dikenakan pajak. Pengecualian dan tarif khusus untuk barang-barang tertentu yang tidak perlu mempersulit upaya kepatuhan dan dapat merusak pola konsumsi dengan cara yang tidak disengaja atau seringkali mengakibatkan tarif pajak yang lebih tinggi.

• Pajak konsumsi hanya boleh dipungut oleh yurisdiksi tempat barang atau jasa dikonsumsi.

• Pendapatan pajak konsumsi berbasis luas umumnya lebih stabil daripada pendapatan dari pajak pendapatan perorangan atau bisnis.

Baca juga : Mengenal Jenis Pajak di Tanah Air

Tiga prinsip untuk pajak cukai

2. Tiga prinsip untuk pajak cukai

Pajak harus dikalibrasi dengan kerugian relatif atau biaya produk yang dikenakan pajak daripada harga produk. Apakah itu keausan di jalan umum, polusi, atau kesehatan.

• Pendapatan dari pajak cukai harus disesuaikan untuk mengurangi efek konsumsi barang dan jasa yang dikenakan cukai. Pajak atas penggunaan jalan harus digunakan untuk mendanai pemeliharaan jalan.

• Pendapatan dari pajak cukai cenderung tidak stabil, karena basis pajaknya sangat sempit dan seringkali dirancang untuk mengubah perilaku konsumen.

• Pajak konsumsi yang dirancang dengan baik akan berlaku untuk semua konsumsi akhir. Ini akan berlaku apakah seseorang membeli kendaraan atau bahan makanan. Selain itu, pajak konsumsi yang ideal tidak akan berlaku (atau akan ada mekanisme penggantian kerugian) jika restoran membeli bahan makanan.

Karena bahan makanan merupakan masukan bagi restoran, maka pembelian restoran bukanlah konsumsi akhir. Namun, seseorang yang membeli makanan di restoran tersebut akan mewakili konsumen akhir.

Related Posts

Peraturan Deklarasi, Pajak Konsumsi dan Pajak Lainnya

Mengenal Jenis Pajak di Tanah Air

Syarat dan Ketentuan Pajak Konsumsi dan Deklarasi

Manfaat Pajak Konsumsi dan Deklarasi

Penjelasan Pajak Ekspor Serta Contoh Barang

Penjelasan Ketentuan Pajak untuk Pengadaan Konsumsi

Comments

Reply comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *