Perbedaan PPN dan PPnBM

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang biasa disebut dengan KBBI, pajak merupakan suatu pungutan wajib yang biasanya dalam bentuk uang yang harus dibayar oleh penduduk atau masyarakat kepada negara atau pemerintah pendapatan, pemilikan, harga beli barang, dan lain sebagainya. Dari definisi tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa pajak merupakan iuran atau tarikan wajib yang dibebankan oleh pemerintah kepada warga negaranya untuk tujuan tertentu berkaitan dengan kepentingan negara tersebut.

Berbicara mengenai pajak kita akan dihadapkan oleh banyak sekali jenis pajak khususnya yang ada di negara kita ini. Namun, ada dua jenis pajak yang sering menjadi bahan perbincangan masyarakat Indonesia dan jenis pajak tersebut adalah pajak pertambahan nilai atau yang biasa disebut dengan PPN dan pajak pertambahan nilai barang mewah atau yang biasa juga disebut dengan PPnBM.

Banyak dari masyarakat kita yang menemukan kebingungan antara 2 jenis pajak tersebut mengingat Jika dilihat dari jenisnya kedua pajak tersebut termasuk dalam golongan pajak konsumsi di mana pajak dibebankan pada barang atau jasa yang harus dibayarkan oleh mereka yang membeli dan menggunakan barang atau jasa tersebut. Disini saya akan memberikan gambaran mengenai perbedaan Kedua jenis pajak ini. Pajak pertambahan nilai atau PPN merupakan pajak konsumsi yang dibebankan pada barang atau jasa tertentu yang bisa meliputi makanan, minuman, pakaian, jasa transportasi dan lain sebagainya. Jumlahnya umumnya 10persen.

Berbeda dengan pajak pertambahan nilai barang mewah atau yang juga biasa disebut dengan PPnBM yang merupakan pajak yang harus dibayarkan oleh mereka yang membeli barang-barang mewah. Definisi dari barang mewah adalah barang yang bukan merupakan kebutuhan pokok yang dibeli untuk memenuhi kesenangan, kemewahan, kemegahan, dengan nilai tukar yang sangat tinggi ( mahal ). Di Indonesia, barang-barang mewah dikenai pajak. Jumlah pajak yang harus dibayarkan pun bervariasi mulai dari 10% hingga 200%. Besaran jumlah pajak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Itulah perbedaan antara PPN dan ppnbm yang perlu Anda ketahui.

Spread the love

Related Posts

Cara Perhitungan Pajak Konsumsi dan Bendahara Pemerintah Pusat Memasukkan Pajak

Perlunya Pembayaran Pajak Konsumsi

Ketentuan Umum yang Ada di Dalam Pajak Konsumsi

Ketahui Lebih Dekat Apa Itu PPn Di Pajak Konsumsi

Tips Menghitung Sebelum Membayarkan Pajak Konsumsi

Memahami Karakteristik Pajak Konsumsi PPN

Comments

Reply comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *