Tahun 2016 sampai 2017 lalu, Indonesia telah menerapkan kebijakan Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty. Dengan adanya kebijakan ini, wajib pajak harus mendeklarasikan hartanya, baik yang di dalam negeri maupun di luar negeri lalu membayar pajak sesuai dengan harta kekayaan mereka. Program amnesti pajak di Indonesia bisa dikatakan cukup berhasil. Lalu, masihkah Anda bertanya mengapa harus mendeklarasikan harta kekayaan lalu membayar pajak? Seperti yang kita ketahui bersama, pajak menjadi penerimaan dana terbesar negara. Dana ini nantinya digunakan untuk membangun seluruh daerah. Harus ada partisipasi dari warga negara untuk mematuhi aturan pembayaran pajak.

Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia, mengakui bahwa memang ada banyak orang yang masih enggan menunaikan kewajiban mereka untuk membayar pajak. Alasannya sebagian besar sama, yaitu tidak tahu dengan pasti ke mana arah sebenarnya uang pajak tersebut digunakan. Padahal, ketika negara mendapatkan banyak penerimaan dari pajak, negara bisa melakukan banyak hal untuk memajukan bangsa. Sri Mulyani kemudian menjabarkan bahwa penerimaan pajak sebesar Rp 1 trilun saja sebenarnya dapat berkontribusi banyak untuk perbaikan sejumlah sektor demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dari Rp 1 triliun tersebut, negara bisa membangun jembatan sepanjang 3.541 m atau jalan sepanjang 155 km. Dana tersebut juga bisa digunakan untuk membelikan 11.900 rumah dinas prajurit, 306.000 ton pupuk untuk petani, hingga menggaji 10.000 polisi dalam satu tahun.

Pajak

Iitu baru Rp 1 triliun, bayangkan jika negara menerima lebih banyak. Kesejahteraan masyarakat terutama kepada http://multibet88.co pasti akan lebih terjamin. Meski begitu, Sri Mulyani juga mengakui bahwa pemerintah melalui Dirjen Pajak memang perlu memperbaiki sistem dan kinerja mereka. Akan tetapi, bukan berarti wajib pajak bisa seenaknya beralasan untuk menghindari pajak yang harus mereka bayarkan. Untuk itulah pemerintah mengesahkan Undang-Undang Pengampunan Pajak pada 2016 lalu. Diharapkan semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya membayar pajak. Tak hanya itu, mereka diharapkan mengerti juga manfaat dan alokasi uang pajak yang telah mereka bayarkan.

Untuk membuka kesadaran masyarakat tentang pentingnya membayar pajak, ini alasan penting mengapa Anda harus membayar pajak. Dana yang diperoleh dari pajak akan dialokasikan untuk beberapa keperluan negara seperti perbaikan infrastruktur dan transportasi, kemajuan pendidikan, gaji pegawai negeri sipil, peningkatan pertahanan dan keamanan, subsidi pertanian, peningkatan berbagai fasilitas kesehatan, penanggulangan bencana, dan membayar hutang-hutang negara. Warga negara telah memperoleh hak mereka untuk mendapatkan perlindungan dan kenyamanan. Selebihnya, warga negara Indonesia juga harus membayar kewajiban mereka, yaitu dengan taat membayar pajak. Dengan begitu, negara akan tetap bisa menjalankan operasionalnya dengan baik. Salah satu cara tepat untuk menjalankan kewajiban tersebut adalah dengan melakukan deklarasi kekayaan dan amnesti pajak.

Related Posts

Mengenal Lebih Jauh PPnBM

Pajak Konsumsi di Jepang

Kelebihan Pajak Berbasis Konsumsi

Penjelasan Pajak Konsumsi dalam Negeri

Selain Indonesia, Ini 13 Negara yang juga Melakukan Deklarasi Pajak

Deklarasi Pajak dalam Tax Amnesty

Comments

Reply comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *