Deklarasi Pajak Konsumsi di Indonesia

Pajak memiliki banyak jenisnya. Namun apabila dilihat dari siapa yang mengelolanya, pajak dibagih menjadi 2, yaitu yang pertama adalah pajak pusat, kemudian yang ke dua adalah pajak daerah. Nah dari dua jenis pajak ini terdapat pajak konsumsi. Jika kita tilik dari pengertian nya, pajak konsumsi digolongkan ke dalam kelompok pajak objektif Karena sebab diberlakukannya pajak jenis ini dipengaruhi oleh faktor-faktor objektif. Nah, di sini saya akan membahas berapa besaran pajak yang harus dibayarkan oleh mereka pengguna atau pemakai barang yang dikenakan pajak di Indonesia ini. Artikel ini ditulis untuk memberikan informasi mengenai besaran pajak konsumsi di Indonesia agar masyarakat Indonesia mengetahui Berapa nilai pajak yang harus mereka bayarkan ketika membeli atau mengonsumsi barang maupun jasa yang terkena pajak pertambahan nilai.

Pajak konsumsi dan pajak pengadaan konsumsi merupakan dua hal yang berbeda. Pajak konsumsi merupakan salah satu jenis pajak objektif yang dibebankan pada suatu barang atau jasa yang siap untuk dikonsumsi dan dibayarkan untuk konsumen terakhir yang mengonsumsi barang atau jasa tersebut, sedangkan pajak pengadaan konsumsi merupakan pajak yang dibebankan pada konsumen saat membeli makanan atau minuman untuk dikonsumsi. Nah yang akan kita bahas disini adalah pajak konsumsi khususnya di Indonesia. Umumnya besaran pajak yang dibebankan pada suatu barang atau jasa jumlahnya pasti mutlak dan sama dimana-mana, jadi kira-kira berapakah besaran pajak konsumsi di Indonesia ini?

Deklarasi Pajak Konsumsi di Indonesia Umumnya pada konsumsi dibebankan sebesar 10% dari harga barang atau jasa tersebut, misalnya saat Anda membeli makanan di salah satu restoran yang ada di Indonesia, Ketika anda melihat tagihan Anda menemukan jumlah total yang harus anda bayar lebih mahal dari jumlah makanan yang anda pesan saat itu. Nah, selisih dari harga makanan yang dipesan dengan jumlah yang harus dibayarkan biasanya berbeda karena anda harus membayar pajak dari barang atau jasa yang anda nikmati itu. Jika anda lebih jeli melihat kertas tagihan tersebut, anda akan menemukan bahwa pajak yang anda bayar adalah 10persen dari jumlah belanjaan anda.

Spread the love

Related Posts

Pajak Konsumsi Umum Dalam Negri

Mengenal Lebih Dekat Pajak Konsumsi Dalam Negri

Manfaat Pajak Konsumsi dan Deklarasi

Mengenal Lebih Jauh PPnBM

Pajak Konsumsi di Jepang

Kelebihan Pajak Berbasis Konsumsi

Comments

Reply comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *